SPORT AKUPUNTUR

P1050193

Akupunktur pertama kali digunakan di China kuno. Kata akupunktur berasal dari kata latin (Acus) yang berarti ‘jarum‘ dan dideskripsikan sebagai ‘menusuk dari jaringan tubuh untuk menghilangkan rasa sakit‘.

Akupunktur dilakukan dengan memasukkan jarum dari berbagai panjang dan diameter ke titik-titik tertentu tubuh. Jarum biasanya dimasukkan, diputar dan kemudian segera dihapus atau kiri di tempat selama beberapa menit. Titik-titik akupunktur yang ada di sepanjang garis yang disebut meridian. Para cina kuno percaya bahwa kesehatan individu ditentukan oleh saluran energi, yang dikenal sebagai Qi yang mengalir di bawah kulit. Jika aliran Qi terganggu maka kita dapat mengembangkan penyakit. Tujuan memasukkan jarum adalah untuk mengembalikan aliran energi.

Dalam beberapa tahun terakhir lebih, akupunktur barat atau medis telah dikembangkan dan digunakan oleh dokter dan ahli fisioterapi, dengan prakteknya lebih didasarkan pada kondisi medis. Hal ini diyakini akan efektif karena pelepasan rasa sakit membunuh zat seperti endorphin dan teori sakit-gerbang yang menyatakan bahwa rangsangan di satu daerah tubuh akan menggantikan sensasi rasa sakit di tempat lain.

Dalam hal cedera olahraga, akupunktur telah berhasil digunakan untuk mengobati berbagai kondisi CEDERA OLAHRAGA, seperti:

Cedera Angkel (Kesleo pada pergelangan kaki)
Cedera Lutut (Strain maupun Sprain pada ligament lutut)
Cedera Bahu (Dislokasi bahu maupun ligament)
Cedera Elbo (Kesleo pada lengan)
Cedera Pinggang (Kesleo atau ketarik pada otot pinggang)
Cedera Panggul
Cedera Punggung
Cedera Hamstring/Paha (Ketarik otot paha)
Cedera Strain/Sparint Ligamen/otot besar
Cedera Jari-Jari tangan (kesleo atau dislokasi )
Cedera Low Back Paint (nyeri pinggang)
Cedera Ischialgia merupakan suatu kondisi dimana terjadinya penjepitan saraf di daerah bokong/ pantat ( Nervus Ischiadicus)
Dan berbagai macam cedera olahragamaupun aktivitas bukan olahraga lainnya.

Cedera olahraga menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang dapat mengganggu orang/atlet yang bersangkutan karena tidak dapat melakukan gerakan secara optimal lagi, dan ini menjadi alasan banyak orang yang berhenti berolahraga karena nyeri yang dirasakannya.

Cedera pada bahu merupakan salah satu yang sering dijumpai pada orang/atlet yang melakukan gerakan overhead seperti badminton, basket dan juga pada renang gaya bebas.

Akupunktur dapat menstimulasi susunan syaraf pusat untuk mengeluarkan zat kimia tertentu ke otot yang mengubah persepsi seseorang terhadap nyeri atau zat-zat seperti hormon yang dapat meregulasi tubuh sendiri.

Akupunktur juga dapat meningkatkan sirkulasi ke jaringan yang trauma, merangsang penyembuhan dan menurunkan substansi penyebab nyeri tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih relaks.

Selain untuk cedera olahraga, akupunktur juga dapat meningkatkan stamina para atlet sehingga dapat menggantikan peran dopping yang jelas-jelas merugikan.

Efek akupunktur pada peningkatan stamina terjadi melalui efek vasodilatasi dan peningkatan permeabilitas kapiler, sehingga terjadi vaskularisasi otot yang menyebabkan otot bermetabolisme lebih baik sehingga dapat memperpanjang waktu latihan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s