KINESIOLOGY TAPE (TAPING)

gambar tapping

Elastic Therapeutic Taping (ETT) atau Kinesio Taping adalah semacam plester yang ditempelkan ke anggota tubuh yang diinginkan guna memaksimalkan kinerja otot.
Ditemukan pertama kali pada 1970-an oleh Dr. Kenzo Kase, pada awal kemunculannya Kinesio Taping sering digunakan untuk terapi akupuntur. Seiring perkembangan zaman, plester itu mulai digunakan di bidang olah raga. Plester ini terbuat dari bahan khusus yang sangat elastis seperti katun dan acrylic adhesive back. Dengan desain permukaan seperti ular, plester ini terasa sangat lengket di badan pemakai sehingga tidak mudah terlepas. Kinesio taping ini juga sangat fleksibel dan dapat dikenakan pada sebagian besar bagian dari tubuh yang memungkinkan kita untuk melakukan gerakan penuh.

Fungsi utama dari plester ini adalah untuk memberikan elastisitas lebih kuat bagi otot-otot yang terasa kejang dan juga melindungi serta mendukung otot. Beberapa orang juga menggunakan plester ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya cedera karena kelelahan dan kejang pada otot. Beberapa pakar physiology of exercise seperti Dr Stewart Bruce-Low juga mengakui bahwa pemakaian plester seperti ini dapat meningkatkan kekuatan dengan mengurangi energi yang hilang bersamaan sewaktu melakukan pergerakan.
Kinesio taping bukanlah barang ilegal dan dilarang di dalam dunia olahraga karena memang tidak melanggar aturan. Tercatat beberapa atlit dan olahragawan menggunakan ini dalam pertandingan mereka seperti David Bechkam, Gareth Bale (sepak bola), Venus William (tenis), lance armstrong (balap sepeda), dan masih banyak lagi.

Kinesio Taping memberikan dukungan dan stabilitas sendi dan otot-otot tanpa mempengaruhi sirkulasi dan jangkauan gerak. Hal ini juga digunakan untuk Preventive Maintenance, Edema, dan untuk mengobati rasa sakit.
Kinesio Taping adalah teknik didasarkan pada proses penyembuhan tubuh sendiri alami. Kinesio Taping ini menunjukkan kemanjurannya melalui aktivasi sistem saraf dan peredaran darah. Metode ini pada dasarnya berasal dari ilmu Kinesiology, maka nama “Kinesio”. Otot tidak hanya dikaitkan dengan gerakan tubuh, tetapi juga mengontrol sirkulasi arus vena dan getah bening, suhu tubuh, dll Oleh karena itu, kegagalan otot untuk berfungsi dengan baik menyebabkan berbagai macam gejala.
Akibatnya, begitu banyak perhatian diberikan kepada pentingnya fungsi otot yang ide mengobati otot-otot untuk mengaktifkan proses penyembuhan tubuh sendiri muncul. Menggunakan tape elastis, ditemukan bahwa otot-otot dan jaringan lain dapat dibantu oleh bantuan dari luar. Kerja Kinesio Taping menciptakan pendekatan yang sama sekali baru untuk mengobati saraf, otot, dan organ. Aplikasi pertama dari Kinesio Taping adalah untuk pasien dengan gangguan artikular.
Selama 10 tahun pertama, orthopedists, ahli tulang, ahli akupunktur dan praktisi medis lainnya adalah pengguna utama Kinesio Taping. Tak lama kemudian, Kinesio Taping digunakan oleh para pemain voli Olimpiade Jepang dan kata dengan cepat menyebar ke atlet lainnya. Hari ini, Kinesio Taping digunakan oleh praktisi medis dan atlet di seluruh dunia.
The Kinesio Metode Taping diaplikasikan di atas otot-otot untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, mengendurkan otot lelah berlebihan, dan untuk mendukung otot-otot dalam gerakan secara 24hr/day. Ini adalah jenis non-pembatasan rekaman yang memungkinkan untuk berbagai gerak.

Kinesio Tape digunakan untuk apa pun dari sakit kepala untuk masalah kaki dan segala sesuatu di antaranya. Contohnya antara lain: fasilitasi otot atau penghambatan pada pasien anak, carpal tunnel syndrome, punggung bawah ketegangan / nyeri (subluxations, herniated disc), kondisi lutut, kondisi bahu, hamstring, cedera pangkal paha, cedera rotator cuff, whiplash, siku tenis, plantar fasciitis, pelacakan patella, pra dan pasca bedah edema, keseleo pergelangan kaki, metode pencegahan cedera atletik, dan sebagai metode dukungan.
Bagi atlet atau masyarakat umum yang ingin terapi atau memasang taping bisa datang keklinik kami secara profesional dan ilmiah. Dan kami juga melayani penjualan kinesiotaping.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s