Cedera Lutut ligamen ACL

lutut

Anatomi Lut

Cedera ligamen di lutut – seperti ligamen cruciatum anterior (ACL) – yang ditakuti oleh atlet profesional dan amatir sama. Cedera ini bisa menyakitkan dan melemahkan. Pada cedera ligamen akan mempengaruhi aktifitas fisik seseorang.
Jadi apa di balik cedera ini ditakuti?  Ligamen adalah pita keras jaringan yang menghubungkan tulang-tulang dalam tubuh Anda. Dua ligamen di lutut, ACL dan ligamen posterior (PCL), menghubungkan femur atau tulang paha dengan tibia, salah satu tulang kaki bagian bawah. Tapi terlalu banyak tekanan pada ligamen ini dapat menyebabkan mereka untuk meregangkan terlalu jauh – atau bahkan patah.

Cedera ACL dan cedera ligamen lainnya dapat disebabkan oleh:

  •     Memutar lutut dengan kaki yang ditahan
  •     Memperluas gerakan lutut terlalu jauh.
  •     Melompat dan mendarat lutut tertekuk.
  •     Menghentikan secara tiba-tiba saat berjalan.
  •     Tiba-tiba mengangkat badan dari satu kaki ke yang lain.

Cedera ini sering terjadi pada pemain sepak bola, pemain sepak bola, pemain basket, pemain ski, pesenam, dan atlet lainnya.

Ada empat ligamen di lutut yang rawan cedera:

  1.  Ligamentum cruciatum anterior (ACL) adalah salah satu dari dua ligamen utama di lutut. Ini menghubungkan tulang paha ke tulang tulang kering di lutut. Cedera ACL adalah penyebab umum dari kecacatan di lutut. Di AS, 95.000 orang mendapatkan mereka setiap tahun. Mereka lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.
  2. Posterior ligamen (PCL) adalah ligamentum utama kedua pada lutut yang menghubungkan tulang paha ke   tulang tulang kering di lutut.
  3. Lateral ligamen kolateral (LCL) menghubungkan tulang paha ke fibula, tulang kecil kaki bagian bawah pada sisi samping atau luar lutut.
  4. Medial ligamen kolateral (MCL) juga menghubungkan tulang paha ke tulang  pada sisi medial atau lutut

Cedera ACL – atau cedera ligamen kadang-kadang sulit untuk mendiagnosa. Gejala cedera ligamen lutut adalah:

  •     Nyeri, sering mendadak dan berat
  •     Sebuah suara keras krek” atau jepret selama cedera
  •     Pembengkakan
  •     Perasaan kelonggaran pada sendi
  •     Ketidakmampuan untuk meletakkan berat badan pada titik tanpa rasa sakit

Untuk mendiagnosa ACL atau cedera ligamen lain, dokter/terapis akan memberikan pemeriksaan menyeluruh. Jika lutut bengkak dengan darah, dokter Anda mungkin menggunakan jarum untuk mengeringkannya. Anda mungkin perlu X-ray, MRI (Magnetic Resonance Imaging) scan, atau tes lainnya.

Apa Pengobatan untuk Ligamen Cedera Lutut?

Pada kasus cedera ringan ligamen lutut sampai sedang dapat disembuhkan pada waktu tertentu . Untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat:

  1. Lutut harus Istirahat total. Hindari menempatkan kelebihan berat badan di lutut Anda. Anda mungkin perlu menggunakan kruk untuk sementara waktu atau pelindung yg lain seperti kinesiotaping.
  2. Kompres lutut Anda untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Lakukan selama 20-30 menit setiap 3-4 jam selama 2-3 hari, atau sampai rasa sakit dan pembengkakan hilang.
  3. Gunakan perban elastis atau kinesiotaping , tali, atau lengan pada lutut Anda untuk mengontrol pembengkakan.
  4. Tinggikan lutut Anda di atas bantal ketika Anda duduk atau berbaring.
  5. Memakai penyangga lutut untuk menstabilkan lutut dan melindunginya dari cedera lebih lanjut.
  6. Ambil obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi. Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti Advil, Aleve, atau Motrin, voltaren akan membantu dengan rasa sakit dan pembengkakan. Namun, obat ini dapat memiliki efek samping dan mereka harus digunakan hanya kadang-kadang, kecuali dokter Anda secara khusus mengatakan sebaliknya.
  7. Praktek peregangan dan latihan penguatan jika dokter menganjurkan mereka.
  8. Terapi dengan massase/pijat untuk mengurangi bengkak dan merilekkan otot maupun syaraf
  9. Terapi dengan menggunakan sport akupuntur untuk menghilangankan nyeri dan mempercepat proses pemulihan secara alami. Ini efektif sekali untuk pemulihan

Ligamen cruciatum – ACL dan PCL – tidak dapat diperbaiki. Terutama untuk kasus yang benar-benar robek atau terentang melampaui batas mereka. Satu-satunya pilihan adalah rekonstruksi. Dalam prosedur ini, tendon diambil dari bagian lain dari kaki Anda atau mayat untuk mengganti ligamentum yang robek.
Tapi jika rasa sakit tidak menjadi masalah, Anda dapat memilih untuk melewatkan tanpa operasi dan
melakukan perawatan terapi dan latihan penguatan dengan program –program terapi kombinasi.

Waktu pemulihan tergantung pada seberapa parah cedera ligamen lutut Anda. Orang juga menyembuhkan pada tingkat yang berbeda. Sementara Anda tahap pemulihan. Anda bisa mengambil sebuah aktivitas baru yang tidak akan menyakiti lutut Anda. Misalnya, pelari bisa mencoba berenang.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan terburu-buru. Jangan mencoba untuk kembali ke tingkat lama Anda aktivitas fisik sampai:

  •   Anda tidak merasakan sakit saat Anda membengkokkan atau meluruskan lutut.
  •   Anda tidak merasakan sakit pada lutut Anda ketika Anda berjalan, jogging, berlari, atau melompat.
  •  Lutut Anda tidak lagi membengkak.
  •  Lutut terasa sudah kuat.

Jika Anda mulai menggunakan lutut Anda sebelum sembuh, Anda bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Bagaimana saya dapat Mencegah Cedera Ligamen Lutut?

Cedera ligamen lutut sulit untuk mencegah, karena mereka biasanya merupakan hasil dari kecelakaan. Tetapi mengambil beberapa tindakan pencegahan dapat menurunkan risiko Anda. Anda harus:

  •      Jaga otot paha yang kuat dengan peregangan dan latihan penguatan.
  •      Peregangan sebelum dan sesudah aktivitas fisik.
  •      Jangan tiba-tiba meningkatkan intensitas latihan Anda. Lakukan perubahan perlahan-lahan.
  •      Jangan berhenti mendadak dan posisi lutut berputar

TAPPING KINEMATICS TEX

Produk Kinesio taping | Informasi pemesanan dan konsultasi

kinmatik

BB ta 1

Produk Kinesio taping Kinematic Tex / BB tabe ini adalah produk pelindung dan sebagai sarana untuk memelihara cedera:

Fungsi Kinematic Tex:

1. Mencegah terjadinya cedera pada saat melakukan berbagai gerakan, baik saat berolahraga maupun saat menjalankan aktifititas sehari-hari

2. Mengurangi rasa nyeri pasca cedera maupu pasca oprasi.

3. Merangsang sensor dan persepsi syaraf-syaraf pada tubuh

4. Melancarkan sirkulasi darah dan mempercepat proses penyembuhan luka/cedera.

5. Meningkatgkan performa otot

6. Meredakan nyeri.

7. Mengangkat permukaan kulit untuk meningkatkan sirkulasi.

8. Dapat diterapkan dengan berbagai arah tegangan tape untuk menguatkan atau merelaksasi otot

Kinematics Tex ini dibuat 100 % dari bahan medis (tidak mengandung obat-obattan)dan 100 5 catton. karena itu, Kinematics tex ini tidak membatasi gerakan, tahan air, dan dapat dipakai selama 3 hari.

Informasi pemesanan atau konsultasi bisa menghubungi dulu nomer dibawah ini:

HP : 081802660105

@ Rp 135.00

Bisa pesan ecer atau grosir. harga grosir lebih murah.

Alamat kantor atau Klinik :

JL PARANGTRITIS KM 9,5 GABUSAN, YOGYAKARTA UTARA PASAR SENI GABUSAN 100 M RUKO GABUSAN NOMER 3 DARI UTARA. BARAT JALAN

PELAYANAN SETIAP HARI SENIN-SABTU MULAI JAM 11.00-18.WIB

BB taping

BB ta 1

kinmatik

kinmatik 1

JENIS CEDERA AKIBAT OLAHRAGA

10 Jenis Cedera Akibat Olahraga

Gambar

SPORT INJUR

1. Cedera lutut
Sekitar 55 persen cedera akibat aktivitas olahraga berupa cedera lutut. Cedera ini termasuk satu dari 40 kasus bedah ortopedi. Terbanyak terjadi pada sendi dan tulang rawan (retak), termasuk sakit dan nyeri yang terkait dengan tempurung lutut. Risiko tinggi terjadi pada pelari, perenang, step aerobic, pesepakbola, pebasket, pevoli, dan atlet cabang atletik. Ini karena lutut menjadi tumpuan, sehingga berpotensi terkena arthritis.

Pencegahan: Kenakan sepatu khusus dengan sol lembut dan ganti sol secara teratur. Pilih sepatu sesuai jenis olahraga dan mampu menopang berat tubuh. Istirahatkan kaki dalam jangka tertentu (minimal 2 x 24 jam) untuk mencegah beban berlebihan pada anggota tubuh. Jika lutut cedera, kompres es selama 20 menit untuk menghindari peradangan.

2. Cedera bahu
Sebanyak 20 persen cedera karena olahraga terjadi pada bahu, termasuk akibat salah posisi, salah urat, dan ketegangan otot. Olahraga yang rentan menimbulkan cedera ini yaitu tenis, renang, angkat beban, bisbol, dan voli. Penyebabnya, aktivitas berlebih dan gerakan yang salah di daerah bahu sehingga mengenai tendon (urat). Gejalanya nyeri, kaku pada bahu, otot terkilir, hingga tulang retak.
Pencegahan: Untuk olahraga yang rentan benturan (misalnya bisbol) gunakan pelindung khusus.

3. Cedera otot pergelangan kaki
Banyak terjadi pada pesebakbola, pemain hoki, pebasket, dan pevoli karena gerakan seperti melompat, berlari, dan berhenti mendadak menyebabkan tendon terjepit.
Pencegahan: Perkuat pergelangan kaki dengan naik turun tangga atau olahraga sejenisnya. Memakai pelindung kaki tidak menjamin keselamatan, tapi meminimalkan risiko.

4. Cedera siku
Tujuh persen cedera pada siku terjadi karena olahraga, seperti golf dan tenis. Penyebabnya karena beban berlebihan dan terus menerus di daerah siku sebagai tumpuan.
Pencegahan: Latihlah daerah lengan, misalnya memutar perlahan pergelangan tangan, dan lindungi siku dengan bebat khusus saat berolahraga.

5. Otot tertarik
Tidak melakukan pemanasan cukup, kelelahan otot, dan otot lemah, adalah beberapa sebabnya. Lari, joging, basket, dan sepakbola, adalah contoh olahraga paling potensial menimbulkan cedera ini.
Pencegahan: Latihan peregangan yang cukup sebelum dan sesudah berolahraga. Hindari berlatih saat tubuh Anda terasa lelah. Jangan berolahraga dulu sebelum Anda benar-benar pulih pascacedera, untuk menghindari cedera lebih berat.

6. Sakit punggung bagian bawah
Banyak dialami oleh orang yang duduk terlalu lama dan penderita obesitas. Rentan pula dialami pelari, pebalap sepeda, pegolf, petenis, dan pebisbol.
Pencegahan: Lakukan pemanasan sebelum, selama, dan sesudah berolahraga. Gerakan meluruskan punggung dengan menarik perlahan kedua tangan ke atas dan menekuk punggung ke samping.

7. Cedera tulang kering
Biasa menyerang pemula, yang berambisi ingin meningkatkan tahap latihan. Memakai alas kaki yang tidak sesuai dengan aktivitas. Termasuk melompat dan berlari di landasan yang keras.
Pencegahan: Pakailah alas kaki yang tepat, berlatih secara bertahap, peregangan, dan tidak berlebihan.

8. Cedera paha
Sepakbola, hoki, basket, olahraga dengan raket, dan voli. Selain daerah paha terasa nyeri yang sangat, juga terjadi pembengkakan pada otot paha.
Pencegahan: Peregangan sebelum berlatih, berlatih dengan intensitas bertahap, latihan menguatkan daerah kaki terutama paha.

9. Gegar otak
Cedera kategori berat akibat benturan. Gejalanya yaitu kehilangan kesadaran, sakit kepala hebat, amnesia, kehilangan keseimbangan, susah berkonsentrasi, pusing, dan mual. Biasa terjadi akibat kontak fisik, misalnya sepakbola, hoki, dan tinju.
Pencegahan: Perlindungan memakai helm tidak menjaminan aman untuk kepala. Jika mengalami benturan, segera cari pertolongan medis.

10. Salah urat
Cedera ini timbul karena salah gerak atau kelelahan pada tendon karena aktivitas berlebih. Paling banyak dialami pelari karena gerakan lari dan lompat.
Pencegahan: Peregangan cukup dan hindari gerakan menarik otot secara tiba-tiba dan memaksa. Jika cedera terjadi, jangan tergesa berlatih kembali sebelum kondisi benar-benar pulih.

SALAM OLAHRAGA

Welcome to RUMAH TERAPI CEDERA OLAHRAGA

SPORT INJURY

ALAMAT BLOG RUMAH TERAPI CEDERA OLAHRAGA INI ADALAH TEMPAT INFORMASI PELAYANAN TERAPI KHUSUS ATAU SPECIALIS  CEDRA OLAHRAGA YANG DIALAMI OLEH BANYAK ATLET MAUPUN MSYARAKAT YANG MELAKUKAN AKTIVITAS OLAHRGA.

DEWASA INI BANYAK PENANGANAN CEDRA YANG DILAKUKAN TANPA PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN KHUSUS DAPAT MENYEBABKAN CEDERA SEMAKIN BERTAMBAH PARAH ATAU KURANG BERHASIL DALAM PEMULIHANNYA. SEHINGGA ATLET KURANG MAKSIMAL / OPTIMAL DALAM MELAKUKAN AKTIFITAS FISIK KARENA TERGAGNGGU KONDISI CEDERA YANG DIALAMINYA.

DAN DENGAN PENANGAN YANG DILAKUKAN DENGAN PROFESIONAL DIBIDANG CEDERA OLAHRAGA LULUSAN DARI KESEHATAN OLAHRGA FAKULTAS ILMU KELOLAHRAGAAN.DIHARAPKAN CEDERA OLAHRAGA DAPAT DITANGANI DENGAN EFEKTIF DAN MAKSIMAL DAPAT PULIH DENGAN BAIK. SEHINGGA DAPAT MELAKSANAN RUTINITAS/  AKTIVITAS MAUPUN OLAHRGA SEPERTI BIASA.

SEMOGA DENGAN INFORMASI INI DAPAT BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT UMUM DAN KHUSUSNYA ATLET   DIMANAPUN BERADA.

SPORT INJURY